Agustus 19, 2021

PERTEMUAN 10

 KELAS 4 SEMESTER 1

VARIASI GERAK DASAR BERLARI

 

Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat mempraktekkan gerakan variasi gerak dasar berlari dengan baik

B. Variasi Gerak Dasar Berlari

1.    Lari Pelan dan Lari Cepat

 

Lari santai dikenal dengan istilah joging, sedangkan lari cepat dikenal dengan istilah sprint. Kedua jenis lari ini dapat divariasikan.

Awalnya, sikap berdiri tegak. Melangkahlah untuk melakukan lari pelan (joging) sejauh 10 m. Kemudian, lakukan lari cepat dalam jarak tertentu. Saat berlari, gunakan ujung telapak kaki. Ayunkan lengan dengan kedua tangan dikepalkan atau dibuka. Ayunan lengan dilakukan secara santai. Posisi badan miring ke depan dan pandangan ke depan.

Saat berlari, ayunan lengan dan langkah kaki harus terkoordinasi dengan baik. Langkah kaki kiri ke depan diikuti ayunan lengan kiri ke belakang. Sebaliknya, saat kaki kanan melangkah ke depan, ayunan lengan kanan ke belakang.

2.    Lari Menyamping dan Lari Berkelok-kelok

Bagaimana cara melakukan gerak lari menyamping dan lari zig-zag? Awalnya, sikap berdiri tegak. Langkahkan kaki kiri ke samping dalam gerakan berlari diikuti ayunan lengan. Lakukan kegiatan lari menyamping dalam jarak tertentu. Selanjutnya, lakukan lari berkelok-kelok melewati rintangan. Lakukan kegiatan ini dengan dengan semangat dan percaya diri.

3.    Lari Melompati Rintangan dan Lari Langkah Kuda

 Video Pembelajaran : 

TUGAS : MEMPRAKTIKKAN VARIASI GERAK DASAR BERLARI

PRESENSI

KLIK DISINI




PENGUMPULAN TUGAS

KLIK DISINI






Sumber :

Aktif Berolahraga: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas IV SD/MI Cetakan 2019
Penulis : Berton Supriadi Simamora

Tags :

Posting Komentar

GURU PJOK

PAK GANDUNG

GURU PJOK KELAS A

Olahraga tidak hanya membuat kita tetap sehat, tetapi juga membersihkan pikiran, menguatkan hati, dan mengurangi stres yang ada di dalam tubuh.

PAK WINDHA

GURU PJOK KELAS B

"Tidak ada seorang pun yang bisa kembali ke masa lalu dan memulai awal yang baru lagi. Tapi semua orang bisa memulai hari ini dan membuat akhir yang baru." Maria Robinson

Peta dan Kontak

Kami dapat dihubungi melalui form berikut

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *