Agustus 20, 2021

PERTEMUAN 11

KELAS 5 SEMESTER 1

VARIASI GERAK NON LOKOMOTOR DALAM PENCAK SILAT

 

Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat mempraktekkan variasi gerak non lokomotor sikap kuda-kuda dan sikap tegak dalam pencak silat

Variasi Gerak Nonlokomotor dalam Pencak Silat

Pada sub pelajaran ini, kamu diajak mempelajari dan mempraktikkan variasi gerakan nonlokomotor pada pencak silat. Apa sajakah variasi gerak nonlokomotor dalam pencak silat? Melalui pembelajaran materi ini, kamu akan mempraktikkan variasi sikap kuda-kuda, sikap pasang, pukulan, tendangan, tangkisan, dan elakan

1.  Variasi Gerak Nonlokomotor pada Sikap Kuda-Kuda

Sikap kuda-kuda adalah posisi kaki tertentu sebagai dasar tumpuan untuk melakukan sikap dan gerakan

bela atau serang

a.    Kuda-Kuda Depan

 

Kuda-kuda depan sebagai awal melakukan serangan dalam pencak silat

Berdirilah tegak di pusat arah mata angin. Geser kaki kiri atau kanan ke depan. Berat badan bertumpu pada tungkai depan, posisi badan tegak dan pandangan ke depan. Tungkai depan ditekuk dan kaki belakang lurus. Telapak kaki belakang serong ke arah luar.

b. Kuda-Kuda Belakang

Posisi awal berdiri tegak di pusat arah mata angin. Gerakkan kaki kiri atau kanan ke belakang, posisi badan condong ke belakang. Kaki pada posisi belakang ditekuk. Berat badan bertumpu pada tungkai belakang. Tungkai belakang dipakai sebagai tumpuan.

c. Kuda-Kuda Samping

Sikap kuda-kuda samping dilakukan dengan cara berdiri tegak di pusat mata angin. Geser salah satu kaki ke samping kiri atau kanan. Kaki yang posisinya tidak bergeser, diluruskan. Kaki yang bergeser, ditekuk ke samping. Berat badan bertumpu pada tungkai yang ditekuk.

d. Kuda-Kuda Tengah

Sikap awal, berdiri di pusat mata angin. Fokus pandangan ke depan. Kedua kaki dibuka ke samping melebihi lebar bahu. Kedua tungkai ditekuk dengan berat badan bertumpu di tengah. Selanjutnya, lakukan sikap kuda-kuda tengah dengan melangkah ke segala arah. Lakukan kegiatan ini dengan percaya diri.

2. Variasi Sikap Tegak

Sikap tegak dalam pencak silat dapat divariasikan sesuai dengan kebutuhannya. Skap tegak digunakan sebagai awal melakukan gerakan berdoa, hormat, maupun melakukan gerakan lainnya. Sikap tegak yang ada 4 macam, sikap ini dapat divariasikan dengan sikap tegak itu sendiri ataupun dengan gerak nonlokomor lainnya seperti sikap tegak dan tangkisan.

a. Variasi Sikap Tegak 1 dan Sikap Tegak 2

Bagaimana melakukan sikap tegak 1 dan tegak 2 dalam pencak silat?

Dari Gambar 4.9, tampak sikap tegak 1 dilakukan dengan berdiri tegak. Kedua tangan lurus di samping badan.

b. Variasi Sikap Tegak 3 dan Tegak 4

Sikap tegak 3 dilakukan dengan posisi berdiri tegak. Kedua tangan dikepalkan dan diangkat setinggi bahu. Sikap tegak 4 dilakukan dengan posisi kaki terbuka selebar bahu, badan tegak, dan kedua tangan disilangkan di depan dada.

 CONTOH VIDEO :

TUGAS : Mempraktekkan gerakan non lokomotor sikap kuda-kuda dan sikap tegak pencak silat






PRESENSI

KLIK DISINI







Sumber :

Aktif Berolahraga: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas V SD/MI Cetakan 2019
Penulis : Berton Supriadi Simamora.

Tags :

Posting Komentar

GURU PJOK

PAK GANDUNG

GURU PJOK KELAS A

Olahraga tidak hanya membuat kita tetap sehat, tetapi juga membersihkan pikiran, menguatkan hati, dan mengurangi stres yang ada di dalam tubuh.

PAK WINDHA

GURU PJOK KELAS B

"Tidak ada seorang pun yang bisa kembali ke masa lalu dan memulai awal yang baru lagi. Tapi semua orang bisa memulai hari ini dan membuat akhir yang baru." Maria Robinson

Peta dan Kontak

Kami dapat dihubungi melalui form berikut

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *