Agustus 20, 2021

Pertemuan 10

 KELAS 5 SEMESTER 2

PENYAKIT MENULAR

 

Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat Menjelaskan macam-macam penyakit tidak menular dan penyebabnya

Penyakit Menular

Sakit adalah suatu kondisi tubuh atau sebagian organ tubuh yang fungsinya terganggu. Orang mungkin sakit karena terjangkit penyakit tertentu.

Pengertian Penyakit Menular

Apa yang dimaksud penyakit menular?

Penyakit menular adalah penyakit menular kepada manusia yang disebabkan agen biologi seperti virus, bakteri, jamur, dan parasit.

Macam-Macam Penyakit Menular

Apa saja macam-macam penyakit menular?

penularan penyakit disebabkan oleh penyakit menular langsung serta penyakit menular vektor dan binatang pembawa penyakit. Penyakit menular vektor adalah penyakit yang ditularkan oleh serangga, misalnya nyamuk, binatang pembawa penyakit (artinya binatang yang tidak menyebabkan penyakit, tetapi mampu menyebarkan penyakit)Contoh binatang pembawa penyakit, yaitu burung, anjing, dan tikus.

Daftar sebagian penyakit menular langsung serta penyakit menular melalui vektor dan binatang pembawa penyakit dapat kamu cermati pada tabel berikut.

Demam Berdarah Dengue (DBD)

Nyamuk Aedes aegypti merupakan pembawa virus yang menyebabkan penyakit demam berdarah dengue. DBD berasal dari virus dengue yang terdiri atas empat jenis, yaitu DEN-1, DEN 2, DEN-3, dan DEN-4.

Gejala yang ditimbulkan penderita DBD mengalami siklus dalam tiga fase, yaitu fase demam, fase kritis, dan fase pemulihan. Gejala khas DBD, yaitu demam tinggi, timbul bintik merah, penurunan trombosit, dan peningkatan hematokrit. Pada kulit penderita DBD, tampak bintik-bintik pendarahan. Penderita DBD dapat mengalami pendarahan di gusi, hidung, dan usus.

 

Chikungunya

Nyamuk  Aedes aegypti dan Aedes albopictus merupakan pembawa virus yang menyebabkan penyakit chikungunya. Chikungunya disebabkan virus chikungunya.

Gejala chikungunya diawali dengan gejala pusing, meriang, demam, bintik-bintik merah pada kulit, dan mual. Penderita chikungunya juga merasakan nyeri pada persendian sehingga sulit bergerak.

Untuk mencegah penyakit seperti DBD, Cikungunya dan penyakit lain yang disebabkan oleh nyamuk dilakukan dengan gerakan PSN yaitu pemberantasan sarang nyamuk contohnya menguras bak mandi secara rutin dan menutup tempat penampungan air, mendaur ulang sampah serta menaburkan bubuk abate untuk membunuh jentik-jentik nyamuk. 

 

Corona / Covid 19

Pada saat di indonesia bahkan hampir di seluruh dunia sedang mengalami pandemi Covid 19. Penyakit ini juga termasuk dalam penyakit menular. Penyakit ini dapat menular dari manusia ke manusia secara langsung dan dapat menyebabkan kematian.

Sumber : http://diolahragaku.blogspot.com/2020/04/pembelajaran-pjok-melalui-daringkelas-5.html

 Video Pembelajaran : 

TUGAS : Sebutkan macam-macam penyakit menular yang kamu ketahui dan jelaskan bagaimana cara penularannya!

PRESENSI

KLIK DISINI



PENGUMPULAN TUGAS

KLIK DISINI


Tags :

Posting Komentar

GURU PJOK

PAK GANDUNG

GURU PJOK KELAS A

Olahraga tidak hanya membuat kita tetap sehat, tetapi juga membersihkan pikiran, menguatkan hati, dan mengurangi stres yang ada di dalam tubuh.

PAK WINDHA

GURU PJOK KELAS B

"Tidak ada seorang pun yang bisa kembali ke masa lalu dan memulai awal yang baru lagi. Tapi semua orang bisa memulai hari ini dan membuat akhir yang baru." Maria Robinson

Peta dan Kontak

Kami dapat dihubungi melalui form berikut

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *