Agustus 19, 2021

PERTEMUAN 11

 KELAS 4 SEMESTER 1

VARIASI GERAK DASAR LOMPAT DAN LONCAT

 

Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat mempraktekkan gerakan variasi gerak dasar berjalan dengan baik

C. Variasi Gerak Dasar Lompat dan Loncat

1. Lompat Tali dan Loncat Kotak

Lompat tali merupakan salah satu permainan tradisional untuk melatih ketangkasan. Permainan ini menggunakan tali karet yang dirangkai atau skipping rope. Lompat tali dapat dilakukan sendiri atau berkelompok. Jika lompat tali dilakukan sendiri, kamu dapat memegang ujung tali. Ayunkan tali ke depan, melewati kepala dan kaki sambil meloncatinya. Lakukan loncatan sesuai kemampuanmu.

Kegiatan lompat tali dapat divariasikan dengan loncat kotak.

 

2. Loncat Keatas dan Loncat Jauh

Gerakan meloncat adalah gerakan berpindah tempat atau arah dengan tumpuan dua kaki gerak meloncat dilakukan tolakan dua kaki.

Langkah-langkah gerakannya sebagai berikut. Sikap awal berdiri, dengan posisi tegak. Tekuk kedua kaki untuk menolak tubuh ke atas. tolak tubuh ke atas menggunakan kedua kaki diikuti ayunan lengan ke depan. Gerakan ini membuat tubuhmu melenting ke atas, kemudian mendarat dengan kedua kaki. Kedua lengan diluruskan ke depan untuk keseimbangan badan.

3.    Lompat Raih dan Lompat Jauh

Gerakan melompat merupakan gerakan berpindah tempat atau arah dengan tumpuan satu kaki. Contoh gerakan melompat, yaitu lompat raih dan lompat jauh. Bagaimana cara melakukan gerak lompat raih dan lompat jauh?

Amatilah kegiatan seperti Gambar 3.11. Siapkan sebuah bola/benda/daun yang digantung agak tinggi. Posisi awal, lakukan lari cepat dan pandangan ke depan. Saat mendekati papan tolak, bersiap melakukan tolakan.

Lakukan tolakan dengan satu kaki (gunakan kaki terkuat untuk melakukan tolakan). Ayunkan lengan ke depan saat badan melayang di udara. Kedua kaki dijulurkan ke depan untuk bersiap mendarat.

Pendaratan dilakukan dengan kedua kaki. Lutut agak ditekuk dan ikuti ayunan lengan ke depan. Lakukan kegiatan ini secara disiplin dan percaya diri. Teruslah berlatih agar kamu makin terampil.

 Video Pembelajaran :

TUGAS : MEMPRAKTIKKAN VARIASI GERAK DASAR LOMPAT DAN LONCAT

PRESENSI

KLIK DISINI




PENGUMPULAN TUGAS

KLIK DISINI






Sumber :

Aktif Berolahraga: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas IV SD/MI Cetakan 2019
Penulis : Berton Supriadi Simamora

Tags :

Posting Komentar

GURU PJOK

PAK GANDUNG

GURU PJOK KELAS A

Olahraga tidak hanya membuat kita tetap sehat, tetapi juga membersihkan pikiran, menguatkan hati, dan mengurangi stres yang ada di dalam tubuh.

PAK WINDHA

GURU PJOK KELAS B

"Tidak ada seorang pun yang bisa kembali ke masa lalu dan memulai awal yang baru lagi. Tapi semua orang bisa memulai hari ini dan membuat akhir yang baru." Maria Robinson

Peta dan Kontak

Kami dapat dihubungi melalui form berikut

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *