Agustus 19, 2021

PERTEMUAN 12

 KELAS 4 SEMESTER 1

AKTIVITAS KEBUGARAN JASMANI

LATIHAN DAYA TAHAN

Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat mempraktekkan latihan daya tahan dengan baik

 

A. Latihan Daya Tahan

Setiap orang memerlukan daya tahan tubuh untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Kamu pun memerlukan daya tahan tubuh (endurance). Kamu juga memerlukan latihan kekuatan untuk mendukung daya tahan tubuh kuat. Daya tahan tubuh yang kuat dapat meningkatkan kebugaran jasmani.

Apa yang dimaksud daya tahan tubuh? Daya tahan tubuh adalah kemampuan kondisi tubuh untuk beraktivitas dalam waktu lama tanpa disertai kelelahan selama menyelesaikan aktivitas tersebut. Anak yang memiliki daya tahan tubuh baik tidak mudah merasa cepat lelah. Untuk memiliki daya tahan tubuh yang baik, kamu dapat berlatih dengan disiplin dan tanggung jawab.

1.    Lari Pelan (Joging)


Latihan daya tahan dilakukan dengan beberapa cara, misalnya lari jelajah lingkungan. Lari jelajah lingkungan dilakukan dengan lari santai mengelilingi lingkungan rumah. Latihan ini bertujuan melatih daya tahan tubuh.

2. Latihan Sirkuit

Latihan sirkuit atau circuit training adalah latihan melakukan beberapa gerakan (misalnya lari, jalan, dan loncat) dalam satu rangkaian yang dibagi dalam pos-pos. Praktikkan circuit training bersama temanmu. Kamu dapat mengembangkan sikap toleransi dan kerja sama dengan temanmu.

 

Pos 1 Lompat tepuk

Lompat tepuk diawali dengan badan berdiri tegak, kaki dibuka selebar bahu. Lakukan gerakan meloncat dengan kaki membuka dan menutup sambil menepukkan kedua tangan di atas kepala. Gerakan Lompat tepuk dilakukan sebanyak sepuluh kali.

Pos 2 Lari bolak-balik

Lari bolak-balik dilakukan pada lintasan lurus sejauh 5 meter.

Berilah tanda dengan bendera pada setiap ujung garis. Pada pos ini setiap anak berlari bolak-balik sebanyak lima kali. Kecepatan lari dapat diperhitungkan dalam latihan ini.

Pos 3 Squat Thrust

Gerakan squat thrust diawali dengan posisi berdiri tegap. Lakukan posisi jongkok dengan kedua tangan memegang lantai. Kedua kaki dijulurkan lurus ke belakang. Tarik kembali kedua kaki, lalu kembali berdiri tegak. Lakukan gerakan ini hingga lima kali.

3.    Lari Cepat Memutari halaman

Bagaimana cara melakukan lari cepat memutari halaman? Buatlah garis segi empat dengan ukuran menyesuaikan halaman masing-masing. Berlari secepat mungkin, jumlah putaran sesuai kemampuan masing-masing

 Video Pembelajaran : 

TUGAS : MEMPRAKTIKKAN LATIHAN DAYA TAHAN

PRESENSI

KLIK DISINI



PENGUMPULAN TUGAS

KLIK DISINI






Sumber :

Aktif Berolahraga: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas IV SD/MI Cetakan 2019
Penulis : Berton Supriadi Simamora

Tags :

Posting Komentar

GURU PJOK

PAK GANDUNG

GURU PJOK KELAS A

Olahraga tidak hanya membuat kita tetap sehat, tetapi juga membersihkan pikiran, menguatkan hati, dan mengurangi stres yang ada di dalam tubuh.

PAK WINDHA

GURU PJOK KELAS B

"Tidak ada seorang pun yang bisa kembali ke masa lalu dan memulai awal yang baru lagi. Tapi semua orang bisa memulai hari ini dan membuat akhir yang baru." Maria Robinson

Peta dan Kontak

Kami dapat dihubungi melalui form berikut

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *