Agustus 20, 2021

PERTEMUAN 13

KELAS 6 SEMESTER 1

AKTIVITAS KEBUGARAN JASMANI

 

Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menjelaskan macam-macam aktivitas kebugaran jasmani

 

Kebugaran Jasmani

Apa sajakah aspek-aspek penting kebugaran jasmani? Untuk mengawali pembahasan kebugaran jasmani, lakukan kegiatan berikut.

Mengidentifikasi Unsur Kebugaran Jasmani

1. Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani termasuk salah satu aspek fisik yang terukur.

Kebugaran jasmani diartikan kemampuan melakukan aktivitas tanpa merasa lelah dan masih memiliki tenaga untuk melakukan aktivitas lain dalam waktu lama.

Setiap orang memiliki tingkat kebugaran jasmani yang berbeda-beda. Kebugaran jasmani dapat dilatih melalui serangkaian latihan kebugaran. Kebugaran jasmani mempunyai beberapa komponen. Apa sajakah unsur-unsur kebugaran jasmani? Bersama temanmu, carilah informasi mengenai unsur-unsur kebugaran jasmani. Selanjutnya, tuliskan informasi tersebut pada tabel seperti berikut.

 

2. Faktor yang Memengaruhi Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani dipengaruhi faktor jasmani (fisik), keturunan, usia, jenis kelamin, aktivitas fisik, pola istirahat, serta pola makan (gizi dan makanan). Faktor-faktor tersebut memengaruhi kualitas kebugaran jasmani. Sudahkah kamu memperhatikan faktor yang memengaruhi kebugaran jasmani?

Berkaitan dengan kebugaran jasmani, faktor yang tidak kalah penting adalah pola hidup sehat. Dengan menjalankan pola hidup sehat, kamu dapat meningkatkan kualitas kebugaran jasmani. Apa saja aspek yang terkandung dalam pola hidup sehat? Makan makanan bergizi, istirahat, dan olahraga merupakan aspek pola hidup sehat.

Jika aspek tersebut terpenuhi, kamu memiliki tubuh sehat dan bugar.

Tingkat kebugaran jasmani memengaruhi kemampuan fisik seseorang dalam beraktivitas sehari-hari. Makin tinggi tingkat kebugaran jasmani, makin baik kemampuan fisiknya dalam beraktivitas. Kamu hendaknya meningkatkan kebugaran jasmani melalui latihan fisik. Latihan ini termasuk program pokok dalam pembinaan peserta didik agar berprestasi dalam cabang olahraga atau tetap semangat saat belajar.

Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani

Pada subpelajaran A, kamu telah membahas unsur-unsur kebugaran jasmani. Faktanya, tingkat kebugaran setiap orang berbeda-beda. Tingkat kebugaran jasmani dapat diperoleh melalui latihan kebugaran. Setiap unsur kebugaran dapat diukur sesuai jenis unsur kebugarannya. Pada usia pertumbuhan, latihan kebugaran jasmani dapat membentuk tubuh ideal.

Mengidentifikasi Jenis-Jenis Latihan Kebugaran

1. Lompat Tali


Lompat tali ( skiping) berguna melatih ketangkasan dan kekuatan otot kaki. Apa manfaat lain lompat tali? Carilah informasi mengenai manfaat lompat tali. Bagaimana cara melakukan lompat tali? Berdiri tegak, kedua tangan memegang ujung tali. Tempatkan tali di belakang tubuh. Posisi ini disebut juga posisi awalan. Ayunkan tali ke depan. Tali yang diayunkan dijadikan sebagai rintangan lompatan. Lakukan aktivitas ini tanpa menginjak tali tersebut.

Aktivitas lompat tali dapat ditingkatkan beban latihannya. Kamu dapat meningkatkan beban dengan mempercepat ayunan tali.

Kamu pun dapat melakukan lompat lebih banyak. Siapkah kamu mempraktikkannya? Lakukan lompatan tali selama 60 detik dengan sungguh-sungguh dan semangat.

2. Sit Up

Tahukah kamu, cara melakukan sit up? Apa manfaat sit up? Carilah informasi gerakan dan manfaat sit up  melalui penelusuran internet.

Dalam sit up, pengukuran dilakukan dengan menghitung gerakan yang sempurna. Pengukuran aktivitas sit up sebagai berikut.

3. Push Up

Gerakan push up  bertujuan melatih kekuatan otot dada, bahu, dan lengan bagian luar (trisep). Bagaimana cara melakukan gerakan push up? Amatilah gerakan push up  seperti pada Gambar 5.4!

Gambar 5.4 Gerakan push up melatih kekuatan otot lengan Gerakan push up dilakukan dengan posisi tubuh telungkup. Kedua kaki lurus ke belakang dan ujung jari bertumpu pada lantai. Kedua tangan menopang tubuh. Kedua telapak tangan di samping dada dan kedua siku ditekuk. Angkat badan hingga kedua tangan lurus dengan posisi badan dan kaki menunjukkan garis lurus. Turunkan badan dengan membengkokkan kedua siku. Badan dan kedua kaki tetap lurus dan tidak menyentuh lantai. Lakukan gerakan ini secara berulang-ulang dengan interval 30 detik.

4. Back Up

Gerakan back up  berguna melatih kekuatan otot punggung, otot pinggang, dan perut bagian bawah. Bagaimana cara melakukan gerakan back up?

Posisi badan telungkup di matras atau lantai, kedua kaki rapat dan lurus ke belakang. Kedua tangan dikaitkan pada tengkuk. Angkat dada ke atas dengan paha tetap menempel pada matras atau lantai. Turunkan kembali tubuh ke posisi semula. Lakukan gerakan ini selama 30 detik dengan dua kali pengulangan.

5. Lari Cepat

Lari cepat atau sprint dilakukan dalam jarak pendek. Dalam lari cepat, atlet berlari secepat-cepatnya menempuh jarak tertentu. Posisi start pada lari cepat adalah start jongkok. Bagaimana posisi tubuh pada start jongkok? Amatilah pelari saat berada di posisi start.

Bagaimana pengukuran kebugaran jasmani dalam aktivitas lari sprint? Bagi kamu, pelajar berusia 12 tahun harus menempuh jarak 40 meter (putra) dan 40 meter (putri). Kamu harus berlari sekencang-kencangnya dalam jarak tersebut. Penghitungan nilainya sebagai berikut.

6. Lari Bolak-balik

Lari bolak-balik ( shuttle run) bertujuan untuk mengukur kelincahan.

Aktivitas lari bolak balik dapat dilakukan dengan modifikasi. Pada titik finis, diletakkan lima buah bendera atau bola kecil. Bagaimana pelaksanaannya? Kamu dapat berlari dari titik start menuju ke titik finis. Saat tiba di titik finis, ambil bendera atau bola kecil. Kemudian, berlari ke arah titik start. Lakukan lari bolak-balik sebanyak lima kali hingga bendera habis.

Video Pembelajaran : 

TUGAS :

Mempraktikkan Latihan Kekuatan :

1.    Push up

2.    Sit up

(Lakukan masing-masing selama 30 detik)

PRESENSI

KLIK DISINI



PENGUMPULAN TUGAS

KLIK DISINI




Sumber :
Aktif Berolahraga: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VI SD/MI / Cetakan 2019
Penulis : Berton Supriadi Simamora

Tags :

Posting Komentar

GURU PJOK

PAK GANDUNG

GURU PJOK KELAS A

Olahraga tidak hanya membuat kita tetap sehat, tetapi juga membersihkan pikiran, menguatkan hati, dan mengurangi stres yang ada di dalam tubuh.

PAK WINDHA

GURU PJOK KELAS B

"Tidak ada seorang pun yang bisa kembali ke masa lalu dan memulai awal yang baru lagi. Tapi semua orang bisa memulai hari ini dan membuat akhir yang baru." Maria Robinson

Peta dan Kontak

Kami dapat dihubungi melalui form berikut

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *