Agustus 20, 2021

Pertemuan 1

KELAS 5 SEMESTER 1

Gerak Lokomotor dan Manipulatif dalam Gerakan Menendang Bola

 

Tujuan Pembelajaran Siswa dapat mempraktekkan gerak dasar Kombinasi Gerak Lokomotor dan Manipulatif dalam Gerakan Menendang Bola

Kombinasi Gerak Lokomotor dan Manipulatif dalam Gerakan Menendang Bola

Menendang bola merupakan kombinasi gerak lokomotor dan manipulatif yang harus dikuasai pemain. Gerak lokomotor ditunjukkan saat berlari ke arah bola. Gerak manipulatif ditunjukkan saat menendang bola. Bagaimana kombinasi gerak lokomotor dan manipulatif dalam menendang bola?

a. Berlari dan Mengoper Bola

Amati Gambar 1.3! Gambar 1.3 menunjukkan gerakan berlari dan mengoper bola (passing).  


Passing dilakukan untuk mengoper bola ke arah teman satu regu. Gerak mengoper harus dikuasai dengan baik oleh pemain agar pola permainan yang diinginkan dapat diterapkan, baik dalam menyerang maupun bertahan. Saat mengoper, tenaga yang dikeluarkan disesuaikan dengan jarak teman yang akan menerima bola.

b. Berlari dan Menendang Bola ke Arah Gawang


Cermati Gambar 1.4! Gerakan pada Gambar 1.4 untuk menendang bola ke arah gawang lawan (shooting). Bagian kaki yang mengenai bola saat menendang ialah punggung kaki. Selain punggung kaki, kaki bagian dalam dapat digunakan untuk menendang bola ke arah gawang. Saat menendang bola dengan punggung kaki, badan agak condong ke depan. Gerakan tangan juga diperlukan untuk menjaga keseimbangan tubuh. Gerakan ini juga diikuti dengan berlari atau berpindah tempat.

Video Pembelajaran : 


Tugas :Mempraktekkan Kombinasi Gerak Lokomotor dan Manipulatif dalam Gerakan Menendang Bola :

1.    Berlari dan Mengoper Bola

2.    Berlari dan Menendang Bola ke Arah Gawang

PRESENSI

KLIK DISINI




PENGUMPULAN TUGAS

KLIK DISINI






Sumber :

Aktif Berolahraga: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas V SD/MI Cetakan 2019
Penulis : Berton Supriadi Simamora.

Tags :

Posting Komentar

GURU PJOK

PAK GANDUNG

GURU PJOK KELAS A

Olahraga tidak hanya membuat kita tetap sehat, tetapi juga membersihkan pikiran, menguatkan hati, dan mengurangi stres yang ada di dalam tubuh.

PAK WINDHA

GURU PJOK KELAS B

"Tidak ada seorang pun yang bisa kembali ke masa lalu dan memulai awal yang baru lagi. Tapi semua orang bisa memulai hari ini dan membuat akhir yang baru." Maria Robinson

Peta dan Kontak

Kami dapat dihubungi melalui form berikut

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *