Agustus 19, 2021

Pertemuan 3

KELAS 4 SEMESTER 1

PASSING BAWAH BOLA VOLI

 

Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat mempraktekkan gerakan passing bawah bola voli dengan baik

Passing ialah memberikan bola kepada teman baik melakukan umpan maupun menerima servis keteman seregu sehingga bola tersebut mudah diterima oleh teman kita. Passing bawah pada permainan bola voli biasanya dilakukan bertujuan memberikan bola kepada teman seregu atau pada saat pemain menerima servis. (Sumber : https://passinggrade.co.id/passing-bawah-bola-voli/)

 

A.    PASSING BAWAH

Tahap Pelaksanaan Passing Bawah

Ada 3 tahap dalam melakukan  passing bawah bola voli yaitu tahap awal, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir. Selengkapnya berikut ini penjelasan serta cara melakukan passing bawah dengan tahap-tahap tersebut.

1.    Tahap Awal Passing Bawah

Langkah berdiri ambil posisi berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu.

Selanjutnya tekuk kedua lutut agar badan bisa bertumpu maksimal pada kedua kaki dan bisa seimbang, setelahnya rapatkan kedua lengan di depan badan. Pandangan ke arah datangnya bola, agar bisa melakukan passing dengan sempurna.

2.    Tahap Pelaksanaan Passing Bawah

Tahap pelaksanaan kedua lengan di dorong ke arah datangnya bola.Pastikan tubuh berada di tengah-tengah arah datangnya bola. Agar lebih mudah untuk mengumpan balik bola, perkenalan bola tepat pada pergelangang tangan.

3.    Tahap Akhir Passing Bawah

Untuk tahap passing bawah yang terakhir yaitu angkat tumit dari lantai, sedangkan pinggul dan lutut naik dengan kedua lengan lurus. Pandangan mengikuti arah gerakan bola, agar bola bisa mengumpan dengan baik.

 

B. PASSING ATAS

  • berdiri sikap melangkah, kedua kaki sedikit ditekuk
  • lambungkan bol dengan kedua tangan
  • pada waktu bola meluncur ke bawah lakukan passing dengan kedua tangan yang dimulai dari gerakan merapatkan kedua tangan dengan kaitan pada telapak tangan, kemudian mengayunkan kedua tangan ke depn atas dengan posisi kedua tangan lurus dan perkenaan bola pada lengan tangan bagian bawah (di atas pergelangan tangan). Sumber : https://passinggrade.co.id/passing-atas-bola-voli/

Video pembelajaran : 

TUGAS : Mempraktekkan Gerakan passing bawah 

PRESENSI

KLIK DISINI



PENGUMPULAN TUGAS

KLIK DISINI





Sumber :

Aktif Berolahraga: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas IV SD/MI Cetakan 2019
Penulis : Berton Supriadi Simamora


Tags :

Posting Komentar

GURU PJOK

PAK GANDUNG

GURU PJOK KELAS A

Olahraga tidak hanya membuat kita tetap sehat, tetapi juga membersihkan pikiran, menguatkan hati, dan mengurangi stres yang ada di dalam tubuh.

PAK WINDHA

GURU PJOK KELAS B

"Tidak ada seorang pun yang bisa kembali ke masa lalu dan memulai awal yang baru lagi. Tapi semua orang bisa memulai hari ini dan membuat akhir yang baru." Maria Robinson

Peta dan Kontak

Kami dapat dihubungi melalui form berikut

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *