Agustus 20, 2021

Pertemuan 6

 KELAS 5 SEMESTER 1

Gerak Dasar Nonlokomotor dan Manipulatif dalam Gerakan Passing atas bolavoli

 

Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat Mempraktikkan Gerak Dasar Nonlokomotor dan Manipulatif dalam Gerakan Passing atas

Pengertian:

1. Gerak Non-lokomotor

Gerak non-lokomotor adalah gerakan yang tidak disertai dengan perpindahan tempat. Artinya, bagian tubuh tertentu melakukan gerakan tetapi posisi tubuh tetap berada di tempatnya. Contoh gerak non-lokomotor adalah memutar, menggeleng, membungkuk, dan mengayun.

2. Gerak Manipulatif

Gerak manipulatif adalah gerakan yang melibatkan penguasaan pada sebuah objek atau benda. Gerak manipulatif juga bisa melibatkan suatu alat. Contoh gerak manipulatif adalah menangkap, melempar, memukul, dan memantulkan bola.

sumber :
https://www.kompas.com/sports/read/2021/04/22/12200058/pengertian-gerak-lokomotor-non-lokomotor-dan-manipulatif?page=all.

PASSING ATAS

Passing atas merupakan cara mengoper bola yang dilakukan melalui persentuhan bola dengan ujung jari tangan pada saat bola datang setinggi bahu atau lebih tinggi.

  • berdiri sikap melangkah, kedua kaki sedikit ditekuk
  • lambungkan bol dengan kedua tangan
  • pada waktu bola meluncur ke bawah lakukan passing dengan kedua tangan yang dimulai dari gerakan merapatkan kedua tangan dengan kaitan pada telapak tangan, kemudian mengayunkan kedua tangan ke depn atas dengan posisi kedua tangan lurus dan perkenaan bola pada lengan tangan bagian bawah (di atas pergelangan tangan). Sumber : https://passinggrade.co.id/passing-atas-bola-voli/

CONTOH VIDEO : 

Tugas : Mempraktikkan Gerak Dasar Nonlokomotor dan Manipulatif dalam Gerakan Passing atas


PRESENSI

KLIK DISINI



Tags :

Posting Komentar

GURU PJOK

PAK GANDUNG

GURU PJOK KELAS A

Olahraga tidak hanya membuat kita tetap sehat, tetapi juga membersihkan pikiran, menguatkan hati, dan mengurangi stres yang ada di dalam tubuh.

PAK WINDHA

GURU PJOK KELAS B

"Tidak ada seorang pun yang bisa kembali ke masa lalu dan memulai awal yang baru lagi. Tapi semua orang bisa memulai hari ini dan membuat akhir yang baru." Maria Robinson

Peta dan Kontak

Kami dapat dihubungi melalui form berikut

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *