Agustus 20, 2021

PERTEMUAN 8

 KELAS 5 SEMESTER 1

BOLA BASKET

Sumber : https://aminama.com/materi-bola-basket/


Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat mengetahui konsep permainan bola basket

A. PENGERTIAN

Permainan bola basket adalah salah satu cabang olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang mana setiap tim berisi lima orang pemain. Cara bermain bola basket pun bisa dibilang cukup mudah, yaitu dengan mencari point sebanyak mungkin dengan cara memasukkan bola ke ring (keranjang) lawan. 

B. Organisasi Bola Basket

1.    Internasional : FIBA (Federation International de basketball)

2.    Indonesia : PERBASI (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia)

C. TEKNIK DASAR PERMAINAN BOLA BASKET

a.    Teknik Dasar Passing 

Dalam gerakan passing terdapat beberapa teknik yang bisa digunakan dan dikuasai untuk meningkatkan skill pemain, beberapa diantaranya :

1. Teknik Chess Pass



Sumber: http://www.penjasorkes.com/

 

Teknik ini merupakan gerakan melempar bola dari posisi setinggi dada. Gunakan lemparan dua tangan untuk menghasilkan lemparan yang lurus dan terarah.

2. Teknik Overhead Pass


Sumber: http://www.penjasorkes.com/

 

Teknik ini merupakan gerakan melempar bola dari posisi di atas kepala. Tujuan dari gerakan ini yaitu untuk melakukan counter attack yang mana hasil lemparan bola bisa melambung jauh ke arah area lawan. Selain itu teknik ini juga bisa digunakan saat kita ingin membebaskan diri dari kawalan ketat lawan.

3. Teknik Bounce Pass

Sumber: http://www.penjasorkes.com/

Teknik ini merupakan gerakan melempar bola dengan cara memantulkan bola ke lantai menuju kawan. Tujuan teknik ini yaitu untuk bisa menghindari hadangan lawan serta bisa mengumpan ke arah kawan dengan akurat.

b.    Teknik Dasar Menggiring Bola Basket (Dribbling)


Dribbling adalah gerakan menggiring dalam basket dengan cara memantul-mantulkan bola ke lantai. Saat memantulkan bola ke lantai, pemain bisa menggunakan satu atau dua tangan secara bergantian. Gerakan ini dapat dilakukan dengan cara berlari maupun berjalan.

Ada satu hal penting yang harus diperhatikan ketika melakukan teknik dribbling, yaitu sebisa mungkin pemain harus bisa mengontrol bola sebaik mungkin agar bola tidak dicuri oleh lawan.


c.    Teknik Dasar Shooting

Shooting merupakan salah satu gerakan inti pada olahraga bola basket. Gerakan ini bertujuan untuk mengarahkan bola langsung menuju ring lawan serta mencetak poin bagi tim. Untuk melakukan shooting bisa menggunakan satu atau dua tangan.



D.  Peraturan Waktu Permainan Bola Basket

Seperti halnya cabang olah raga lainnya, permainan bola basket juga memiliki batasan waktu. Permainan ini terdiri dari dua babak dimana setiap babak berdurasi 20 menit, dengan waktu istirahat setelah babak pertama selama 10 menit.

Organisasi nasional maupun lokal memperbolehkan memperpanjang waktu permainan dari 2 babak menjadi 4 babak, yang mana masing-masing babak batas waktunya selama 10 menit.

Khusus permainan bola basket mini, aturan yang berlaku yaitu dalam pertandingan terdiri dari 4 babak yang mana setiap babak pertandingan berlangsung selama 10 menit dan 2 menit untuk waktu istirahat.

E.  Ukuran dan Gambar Lapangan Bola Basket

Sumber: http://kampoengilmu.com/

Ukuran standar lapangan bola basket Internasional (FIBA):

  • Panjang lapangan baket memiliki ukuran sebesar 28 meter
  • Lebar lapangan basket memiliki ukuran sebesar 15 meter

 

TUGAS 

MENGERJAKAN SOAL PADA LINK BERIKUT INI :

https://forms.gle/idDUhMnermgu7KfE9


1




PRESENSI

KLIK DISINI




Tags :

Posting Komentar

GURU PJOK

PAK GANDUNG

GURU PJOK KELAS A

Olahraga tidak hanya membuat kita tetap sehat, tetapi juga membersihkan pikiran, menguatkan hati, dan mengurangi stres yang ada di dalam tubuh.

PAK WINDHA

GURU PJOK KELAS B

"Tidak ada seorang pun yang bisa kembali ke masa lalu dan memulai awal yang baru lagi. Tapi semua orang bisa memulai hari ini dan membuat akhir yang baru." Maria Robinson

Peta dan Kontak

Kami dapat dihubungi melalui form berikut

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *